Friday

GS


Grebeg Surooooo!!!
Dan di sinilah Ponorogo bersama perayaan-perayaannya yang penuh gemerlap meghidupkan malam-malamnya. Cieelah bahasanya tinggian dikitlah.

Yak, jadi begini, seminggu terakhir ini, Ponorogo emang bertransformasi jadi drakula gitu deh, temen-temen. Tahukah kamu, lalu, pada suatu malam yang saangat dingin, hujan menutupi langit, angin berteriak, ohh, kabut bertebarannn sungguh menyeramkan… Ah enggaklahyaww.. Aku, saya ini, diharuskan untukkk JRENG JRENGG … (mau-gak-mau,yagimanadong??wahh bingung nihh tapi tapi tapi…aduhh terpaksa nihh.. EW. NO. Nevermind.) ...menjadi salah seekor mangsa dari si drakula ityu. Hahh. Entahlah, pemirsa. Padahal.. *mata berkaca-kaca* suhdah sehminggu ihni.. sahyaa.. hiks.. dehngan kehteguhan hahti… me-no-lak, yang dengan kata lain MEREJECT atau juga biasa disebut dengan menolak (yasamaaja) setiap ajakan atau invitation yang bisa juga disebut dengan tawaran (nah ini baru) dari para kawula muda dan handai taulan saya untuk bersama-sama menyaksikan kegemerlapan imut tersebut.






Wong namanya juga males kan.. Lagian rumah segitu deketnya sama aloon-aloon. Sini situ mah denger juga pasti –“– krik gak perlu deh itu, yang kudu mengganggu ketulusan jiwa raga saya yang tiada taranya ini untuk meniduri bantal-bantal dan guling yang sumpah deh dijamin lebih empuk dari pada kursi-kursi penonton di tengah aloon-aloon sonoh. Yahh tapi apalah daya, jodoh tak ke mana kan, maka jadilah tangan ini tak sampai. Di hari terakhir perayaan GS alias Grabeg Suro tersebut, akhirnya aku datengin juga tuh tempat berblink-blink. KARENA, karena malam itu tanggal 6 Desember sodara-sodara, dan memang ada job ngisi acaranya RBM: Sound of  Suro--yang adalah konser musik mini gitu deh, buat ngeramein malam penutupan GS yang memang RAMWE BWANGET, dan di situ.. maccettt pemirsa! Orang-orang pada tumpah ke jalan, sampek bergidik deh liatnya. Shuu.. Bagai lautan manusiaa~ Nah jadi di situ kita pake panggung terbuka aja. Trus di situ RBM ngundang beberapa band yang rata-rata udah pada kondang semuanya di Ponorogo. Mereka pada main FREE! Jadi gak rugi dehh kalo waktu itu turun ke jalan, berhenti di dean RBM liat penampilan-penampilan keren kami *eits, ‘kami’* hahha gaklahh. Kami masih belum ada apa-apanya dibandingin mereka yang udah pada senior *uhuk*

Habis merkir motor di parkiran khusus, akhirnya sampek juga nih awak ke lokasi. Di sana udah ngumpul pasukan haha! Ternyata anak-anak pada dateng. Oke deh. Mumpung yang lain lagi siapin sound segala macem, aku arisan sama si Giny n Nolnol. Gini gini ginu, eh kok pembicaraan menjalar ke taruhan dengan jaminan: TEMPE. Bok. SMP mana lu? Jangan jawab ester. No.
Ya, pembicaraan semakin aneh aja si To’on (drum beater) dateng bawa cewenya. Nah akhirnya dia nitipin cewenya ke kami. Eh masak.. 5 menit kami bertiga malah cuek aja. Nglokor ciynnn! Di situlah terulang taruhan TEMPE. Barangsiapa yang bisa ngajak ngobrol cewenya Dion, dia dapet traktiran tempe. APACOBA. Mutu tinggi banget gak sih. Begitulah. Akhirnya saya berhasil. Walopun orangnya agak ngambek kupanggil ‘mbak’. *mengkeret* iyalah akyu kant macih imyuttt… 97 gituuh.. *uhuk* (ALESAN)
Haha gak papa lah. .. Yang penting tempe gratis.

Nah. Jadi malam itu band saya yang berjuluk *ehem* apa ya? Lupa namanya. Itu lohh Si Monster manis yang hobinya maem permen. Siapa?? Siapa? ..err, yagitu dehh, krik. So, SweetyCandyMonzta jadi opening malem itu. Belum punya lagu sendiri *sigh* jadi bawain lagunya Paramore: Ignorance + Misery Business. Dengan ujan-ujjan ya, berangkat deh tuh aku ke lokasi. Sialalalala rambutkuu.. basah. *pingsan*
But show must go on kan. Ditemani radang tenggorokan yang datang bawa surprise garing, we rocked that nite. Chic nite. Ck. Radang ini sungguh mengerikan. Suara guehhh juga ikut terharu deh. *bye bye*
Done! Eh eh eh. Euhh. Oh no. No. No way. OHH NOOO!!! ADA ORANG GILAAA!!! :’((( UWAAAAAAA! Gila bok tereak aja dalem ati! Gila tuh lagu belum selesai. Gak mungkin kan tuh, masak jerit-jerit dengan cantiknya di depan penoton?? I tengah lagu lagi!!!?? Oh no way. NO.
NO.
No, o’shift. Mau gak mau otak ini pun berhenti berdetak. Akalku buntu teman-teman.. Tidakk saya tidak bisa memutuskan apa yang harus saya pikirkan sehingga apa yang saya lakukan adalah sibuk memikirkan hal apa yang harus saya pikirkan detik itu. Dan sip okelalala. Terpakulah kaki ini di sana. Dan orang gila itu mulai lebih berani mendekat. Eh CLING! Saat itu guehh, dengan lemotnya baru sempet mikir. Kenapa tadi gak lagsung cabut ke belakang panggung aja ya kan. Nah. TERLAMBAT. MC-nya ngajak ngrumpiiiii... hikss hiks mamaaa~ jadi apa coba yang terjadi? Otak saya macet lagi. Ohh great. Dan tahukah anda, orang gila tersebut menyodorkan lembaran berwarna jingga. Bagus. Gimananolaknya. Gak ada yang perintahin saraf-saraf ini buat bergerak. Yang aku tau waktu itu cuma: oragil itu kudu cepet angkat kaki dari situ. TIDAKKKKKKK!! Kenapa susah banget ngomongnyaaaa! Ih MC-nya sadis juga nih. Orgil itu semakin maksa biar diri ini menerimanya. Gilalo masih muda gue!! Dan semakin mendekat, saya mundur. Lalu entah apa yang terjadi. Saya menerimanya. Maksud saya adalah: saya akan mengembalikannya pada tangan oran itu, TAAPII orgil tersebut sudah memegang mic dari mas-mas MC sadis tadi. Oh tidak. Apa lagi ini. Buruk. Burukk. Aduh masak uangnya...??? Aaaaa! Otak saya semakin mengkeret. Kemudian.. Kemudiaaan… Orang itu mulai mengucapkan sesuatu. Ya. Dan saya tercekat. Orang itu … ternyata orang itu mendoakan.. saya. What the ..?
Mugi-mugi lulus.. Sekolah sing pinter..” ..dan… dan, dan? Dan apa? Hanya itu yang saya tangkap. Trus? Apa? Masuk SMA yang diinginkan? Begitu:? APA? Gila men, bayangin aja ni, nih otak lagi mampus macet melas mengekeret!! Belum sempet mikir tentang uang gitu, syok aja didoain. Sontak bikin tengkorak ikut2an mengkeret edans. Semakin bingung kudu ngapain!!! DUARR! Tiba-tiba cuma ini yang keluar dari mulut guehh:
Amin.. iya, amin.. Makasih..”
Siaaaa—eh gak boleh. No. Itu doa, sodara sekalian.
Dan orang itu menyalami saya. O’shh to the it. Uangnya!!! Sumpah deh gimana dan kapan waktu yang tepat? BEGO. Di tangan kiri. Gimana coba. Ya begonya guehh! Seharusnya langsung aja kukembaliin tuh kertas derik itu!!! ..No. Saya blank. Hiks. Saya blank. AAA! Yang saya inginkan cepat-cepat keluar dari situasi itu. Sip, dan saya kembali ke back stage dengan uang masih di tangan. Dasar otak ini yang eror apa orangnya yang goblokk? Dua-duanya. Sudahlah. Jangan paksa saya. Karna.. karma… Karna saya benar-benar tidak berani menembalikannyaaaaa :’( Bego. Saat itu yang terpikir di sini *tunjuk dengkul* hanyalah ke-parno-an2 idiot tentang: Kalo bilang “Gak.. Udah makasih.. Enggak.. Buat bapak aja...” pasti orang itu bakalan tetep maksa. Dan saya mengulangi kalimat saya tadi lagi. Lalu orang ‘miring’ tersebut memaksa. Dan kembali seperti awal lagi. MALAH PAKSA-PAKSAAN!! Gila apa ogah aja lama-lama begitu. Chic! Sial kenapa otak saya selucu itu. Yah. Bagaimana ini. Ah. Saya lucu sekali =_=” kenapa kamu sesial ini, Viviiid? Entahlah, Ibu Peri.. *peluk Ibu Peri*

Sumpah deh tapi masih untung itu tadi orang yang memang terganggu kejiwaannya. Dia gak tahu apa yang dia lakuin. Tapi doanya bikin bulu roma berdiri juga. Cuman itu bukan sawer ya, BUKAN. Sekali lagi aku tegaskan, itu BUKAN sawer, rite. NO. No. Karena itu orang *slash di dahi* so, memang dia gak tau kenapa dia begitu kan. Emang edans punya. Jadi, itu tidak seeri itu. Aku juga gak tau kenapa tuh orang sampek kayak gitu. Gila aja. Hm. Mungkin karma masa lalunya. Tapi doanya tetep yahud sih. AMIN! Amin amin amin… Yahh, semoga orang itu bisa jadi normal lagi lah, dilindungi selalu, selamat dan kehidupannya jadi lebih baik. Positif aja.. OK? Harus. Ck. Hah.
Begitulah.
Terlepas dari tenggorokanku yang gak fit malam itu, habis keluar dari backstage, kami balik deh tuh ke perkumpulan anak-anak KG di deket ayunan gak jauh dari stage. Gak lama si Mbuluk ikut nyamperin kami. Becandaan bentar, trus anak-anak pada bingung ambil motor. Karena ternyata rencana berikutnya: kami akan menonton Penutupan GS bareng. Abis semua beres, akhirnya kami ber..1, 2, 5, 7, ..9 melankah bersama menuju masa depan. Yuk, menerobos lautan manusia.
Chachaaa! Sampek juga deh di loket pernutuan GS. Nah. Saatnya menjauhkan uang tadi dari saya. AKu beliin aja deh tuh tiket masuk. Yap. Semua beli. WEITSSS. Tiba-tiba… Giny mengeluarkan sesuatu. ENG ING ENG… Mari kita sambut, UNDANGAN PENUTUPAN GREBEG SURO, kawans. Bagus. Trus ngapain tadi beli tiket masuk? Begoyy. Banget. Yah. Sudahlah. Apa boleh buat. Dan kami pun masuk. Tempat duduk tinggal dapet yang belakangan. Gk papa deh. TAPI TAPI TAPI..gak keliatan!!! Mau ngapain adek2, pada ke sini?? ..liat lautan punggung, pak..
Duduklah kami di… situ. Lumayan sih. Keliatan walopun gak maksimal. Apa, di situ kita malah bikin pagelaran sendiri. Yang penipuan pop mie lah, balon spongebob, pidato pak wakil, inul, sampek orang pacaran. Hahha :D Great nite. Semakin larut saja... Tarian demi tarian udah tampil. Pidato, doa, dsb dsb dsb dll etc. Dan tengah malem. Pengumuman Pemenang Festival Reog. DAAAN, CONGRATS buat Roma, Bila, Afwan, n Agung!!! Timnya juara 4! Yayy!
Setelah itu... puncak acaraa!!
KEMBANG APIII!!!!!
Shuuuuuuuuuuuuuuuuuu.......!!
DUARRR! Duarr! JEDERRR! Shhuuu..
... langit gemerlap banget. Hah. Great endinggg ;)

Dan akhirnya tiba waktu kami untuk kembali menyongsong samudra manusia malam itu. Malam tanpa bintang.
Selangkah demi selangkah mendahului langkah lain, giny masih gandeng tanganku dan kita misah dari yang laen. Eh eh itu dia!! Sepersekian detik mata kami menangkap sekilas si Cake n Edeng yang lagi jalan di tengah kerumunan ruas jalan yang berbeda dengan kami. Yak, yak, yak, dan aaaahh sayang sekali sodara sekalian yak sip mantab ok ilang lagi deh kan tuh kopel. Mampus lu coba hayo sekarang gimana. OK deh jalan aja lah. Dan kami pun tetap bergandeng tangan sepenjang jalan kenangan yang suppaduppa penuh ituh. Gila bok jarak 40 m aja kayak 1 kilo. Motor yang ke arah baratlah, yang jalan kaki ke arah timur, bagus. Semakin mbambung aja tuh wajah kami. Jalan. Jalan. Jalan. Terus jalan. Jalan, jangan lepasin tangan satu sama lain. Terus aja jalan. Jangan liat kiri-kanan. Yang penting waktu itu jalan aja sampe ke ujung. Jalan. Ayo jalan aja. Jalan.. jana, terus, jalan... Daannn sampailah kami tepat di ujung. DAN YAK!! Kipli n jolba udah stand by with mo-cyc di sana. Dobel jackpot. Akhirnya sesuai rencana awal, aku kebagian ngojek sama kipli hahha. Gratees great. Sip, mapanlah saya di boncengan tersebut. Siap, thatha giny, tha tha jolba!! Akhirnya motor merah ini pun memulai pertempurannya menerobos brigade manusia tumpah + segala kendaraan yang juga tumplek di situ. CIAAATT!!! Brumm bruumm ngennggg ciiitt apacoba Gaklah. Boro2 ngepot2an. Orang kita bagai merangkak di sana. Ngesot, not ngepot. Jadi.
BERJAM-JAM KEMUDIAN>>>
Setelah merangkak ke selatan, kemudian halauan timur, lalu kembali menuju utara dan belok kanan trus ke kiri, KLIK. Ketemu jalan raya deh. Ambil kiri lagi, dan ketemu perempatan trus ambil yang NORTH POLE, ya. Ingat, north pole. Jadi kalo north pole itu ke kanan kan. OK, trus pick the right one. Haaahhh. Dan setelah notok, sampailah kami di depan rumah warna jeruk. Itulah rumah saya. Jam 12.30am bok. Waktunya saya masuk rumah. Ok say thanks to Kipkip ang his mo-cyc. Daa ati-atiii… JEGREKK. Pager pun terkunci. Klek, pintu depan terlewati. ENG ING EEENG… Grandma belum tidur rupanya. Ya udah deh. Akhirnya kita nonton ftv malem bareng (karma nenek energik yang satu ini emang ftv holic gitu. Hahha don’t laugh!).
Tiba-tiba…

KRUPYUKKS PYUKKS…..

Oh siapa itu??
Tidak. Jam berapa ini. Jangan. Jangan. Oh tidak. Jangan-jangan....
D R A K U L A A A A A ! ! ! ! ! ! !

Tapi kok gitu suaranya??
Oh?
Oh. Oh... Itu... itu tadi adalah... perut saya. :D
OK deh jadilah malam itu grandma bikin midnite food.

Gearry Nite.

No comments:

Post a Comment