Monday

Some Things Unshown



Catatan Akhir Semester: December to Remember.

Dulu waktu masih newbie di SMA, X-1 menjuarai hampir semua kompetisi Class Meeting 2011. Di penghujung 2013, di Class Meeting terakhir angkatan kami kemarin, XII IPS 5 menjuarai hampir semua kompetisi non-individu, terutama 3 highlightsnya yakni Choir, Catatan Akhir Semester/Class Video Profile, dan Best Supporter. Hahaha ga pa-palah, namanya juga Class Meeting, tau kan gimana in-groupnya, menang gituan aja rasanya seneng banget. Malam itu semua bersorak. Semua berpelukan. Semua bangga maju ke depan. Semua kenyang makan-makan. Desember 2013.

Video di atas bener-bener dibuat tanpa skrip dan hampir semuanya candid (kecuali pas opening scene videomotion Ecsotic in a word) karena bahkan pas udah pada ngumpul di court, kita juga pada gak ngerti mau ngapain. Banyak yang ngira itu pake mac, enggak kok, pake lenovo thinkpad. Makasih buat Nana yang udah rela laptopnya dipake editing semaleman, super setia gitu sampe ngorok-ngorok pas rendering.

Libur akhir semester Desember 2013.

Menutup dan membuka tahun lagi-lagi sama Memet. Lagi-lagi di Jogja. Dan menyenangkan seperti biasanya. Naik bis berdua, lari-lari di bandara. Kenapa bisa lari-lari padahal naik bis? Karena waktu itu hampir jam 9 dan busway terakhir cuma bisa dicapai kalo kita ambil di shelter bandara. Hal yang paling menyenangkan adalah waktu kita duduk di trans terakhir, berdua, lega, dan sedikit berdahaga. Malam itu kita turun di ring road jakal. Kita jalan kaki sampe kosan Memet. Kurang lebih lima kilo meter, terus makan di burjo.

Besoknya dijemput, terus sarapan buryam, terus nonton, terus belanja (dia yang belanja), terus hujan-hujan di Malioboro.

Malam pergantian tahun, sempet ngumpul sama kakak-kakak di depan kosan Mba Sembod, ada Mba Epho dan Mas Cungkring juga. Terus menjelang jam malam berangkat ke Bukit Bintang. Apesnya, di perbatasan Yk-Bantul kita ditilang. Tilangnya rada disengaja gitu. Geez gausah diungkit bikin males

Waktu itu sebenernya Memet udah mau booking salah satu tempat, tapi karena aku sempet gak dibolehin Mama tahun baruan di Jogja, dia batalin. Akhirnya, malam itu kami cuma makan di warung lesehan. Di sanalah kami menutup tahun.

Ratusan kembang api merekah bersamaan di atas langit Jogja. Ratusan mata menyala-nyala dan setiap hati berharap. Setiap harapan meninggi, membaur bersama gemerlapnya ledakan warna-warni. Dini hari kita meluncur lagi ke Jogja buat BBQ sama Mba Reni, Om Anton, Mba Deni, Om Koko, Om Sasa dan tentu aja si kecil Gema dan Rania di daerah Demangan Baru. Great eve, great memories banget.

How about the Senior Trip?

Akhir Januari/awal Februari 2014. 

Walaupun sekarang disebutnya University Trip. Pokoknya beda dari tahun sebelum-sebelumnya, udah bukan ke Bali, tapi di Jawa aja: Jakarta-Bandung-Jogja.

Berangkatnya naik kereta eksekutif, bukan bus, 6 gerbong (udah kayak hogwarts express isinya anak-anak sekolah). Eksekutif jadi berasa ekonomi saking banyak yang teriak-teriak dan jalan-jalan... Selain itu kali ini gak pake baju bebas, tapi pake kaos-kaos SA. Warna-warni gitu. Belum lagi pas sampe Jakarta, daerah mangga dua banjir haha apes banget.

Selesai choir di tangga Sampoerna Strategic Square, kita dibawa ke Mulia Business Park buat standing mini lunch. Ngopi, cemal-cemil sama Ayik, Reyhan dll, terus balik ke hotel.

Ancol menyenangkan seperti biasanya (ini kali ketiga aku ke dufan). Bedanya mungkin karena kita ke sana pas hari aktif dan dari pagi, jadi gak serame itu. Istana boneka jadi creepy, naik tornado bisa cuma berdua karena mencar-mencar. Well it happened. Aku sih kemarin naik tornado masih berdelapan, lumayan, buat tombo wedhi. Cuma bisa merem karena takut melorot akibat badan lebih mini dari safety holdernya. Merem aja diwolak-walik, merem terus digantung tinggi-tinggi, merem terus diputer-puter kayak cucian. Pokoknya merem aja. Kiri-kananku cowok (lupa siapa aja). Itu kali pertama aku denger teriakan para lelaki. Ditarik Reyhan sama uput ke Hysteria, aku parkir di taman dan nempel di sana selamanya. Gak mau. Gak mau, gak mau.

Akhirnya naik halilintar.

Pipod: Duduk dimana rek?
Puput: Di depan sendiri yuk Han
Reyhan: Oke
Pipod: AKU?
Cahyo: Ta kancani wes

Calon anak UI emang rada suka adrenalin ya. That's that. Aku duduk di seat kedua dari depan sama Cahyo, di belakang Reyan dan Puput.

Kereta akan berjalan dengan lambat dan berderek pelan, sebelum akhirnya menyentuh percepatan maksimal setelah antiklinal pertama. Nah, sepersekian detik sebelum kereta meluncur dari antiklinal, seorang wanita berteriak sekencang-kencangnya.

Ada saat dimana aku ngerasa nyawaku sempet keluar dari ragaku. Gak bisa teriak lagi. Dan itu terjadi di luar kontrolku. Sepersekian detik ada kilasan hal-hal terbaik yang pernah aku lalui. Lebay, mungkin saking takutnya aja. Tapi itu akan jadi rasa yang selalu aku inget (masih lebay).

Makan siang di McD Dufan.  Menyenangkan. Hawanya rada beda kayak di film Zombieland.

Terus kita nyeberang buat main lagi. Aku lupa apa sih nama wahanany. Reyhan & Puput turun dengan pose awal persis sama seperti saat wahana naik. Aku? Teriak-teriak, minta turun, pegangan sekenceng-kencenganya, kebelet pipis, dan malu sama mbak petugas yang cuma anteng.

Selesai dari situ basah-basahan di arung jeram, terus ke teater apa gitu lupa, terus niagara-gara.

Terus kita ke Bandung.

Di bandung turun di depan mall yang udah mau tutup. Bukan mau tidur di mall, tapi jalan ngelewatin dalam mall buat nembus belakang ke hotel. Aneh gitu 150 orang turun dari bus bawa koper jalan-jalan di mall tengah malem.

View dari jendela hotel lumayan menyegarkan mata. Besoknya sarapan di Piazza Venezia, ngerumpi pagi sama mak-mak IPS 5.

Menuju Tangkuban Perahu, suasana hati cerah. Menikmati jalanan Bandung. Makan siang di Grafika Cikole. Dari awalnya bertiga bareng Puput, di Tangkuban Perahu cuma berduaan sama Reyhan. Lari-lari, foto-foto dan cari es teh. Mana dikira pacaran. Cuma bisa ngakak.

Yang apes sorenya. Gimana gak, sampe di Cihampelas hujan. Mana deres. Sepatu basah. Yang lain udah pada sama pacarnya, sama mantannya, sama htsnya, sama anu-anunya. Aku? Beli sendal di indomaret. Uudah jelek, kebesaran, masa keluar uang biru. Ilang lagi sekarang. Waktu itu akhirnya aku balik ke bus numpang sepayung sama Fikri Apep. Muka udah kusut.

Tidur pulas di bus selama perjalanan ke Jogja.

Pagi sampe, sarapan, ganti baju, terus baju yang tersisa ternyata kena noda banjir. Akhirnya pinjem Reyhan kaos.

Anehnya, pas nyampe kota, rasanya bener-bener asing. Kota yang tiap liburan didatengin, jalanan yang udah ngelotok, motoran sendiri ke mana-mana... jadi asing. Kaliurang dan Malioboro juga asing. Super weird.

Malamnya dinner di suatu rumah makan gede gitu, ada mini pensi.

Nyampe Malang masih jam 4 pagi.

Langsung mandi, siap-siap berangkat lagi ke Stasiun. Stasiun yang sama dengan 5 hari sebelumnya. Peron yang sama.

Ada yang ulang tahun. Ada yang gak tau pacarnya udah nyampe Malang. Ada yang gak bisa nelfon berkali-kali. Hampir 2 jam di kereta karena molornya minta ampun. Belum nyentuh kasur. Dan sedikit amburadul. Tapi seneng kesampean juga ngerayain bareng walaupun tanpa perencanaan yang mateng dan kehabisan tiket balik ke Malang.

Akhirya naik bus. Sampe Arjosari, ngangkot ke Gadang. Di Gadang hujan. Ngojek ke Asrama. Mandi. Lalu tidur pulas.

Besok paginya langsung nemenin adek tingkat diklat jurnalistik.

Ya itulah cerita pergantian tahun kali ini. Ujian, try out maupun persiapan UN tidak diceritakan.

Hoam.