Monday


Walaupun banyak negeri kujalani, yang mashyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku, di sanalah ku merasa tenang
Tanahku tak kulupakan, Engkau kubanggakan..

".. Dan Indonesia itu gak jelek. Tapi emang ga sesempurna yang diceritain ke kita di buku pelajaran. Masalah kita tuh cuman satu; ada temen gue dari spanyol namanya Miguel, dia bilang, “Indonesia is not a poor country. It’s a rich country, poorly managed. Dan itu betul. Kita tuh ga mau turun tangan nih, untuk ngeberesin Indonesia pemerintah aja yang kita suruh, karena kita pikir itu kerjaan mereka. Padahal itu tanggung jawab kita juga, lu tinggal di negara yang sama gitu.

Gue udah pernah liat Tembok Cina, Tembok Berlin, Hollywood, Big Ben pake mata kepala gue sendiri. Dan semakin jauh gue ninggalin Indonesia, semakin banyak yang gue lihat di dunia, gue tuh semakin kengen, dan semakin sayang sama Indonesia. Sama hal-hal yang kalo di tanah air ga pernah kita angap; seperti.. suara tukang kue putu tengah malem, handalnya tukang ojek dan pasar kaget yang kadang-kadang kita suka sebel sama baunya, tapi saat ini warna-warninya, dan seru-serunya kebayang-bayang gitu ..

Indonesia itu gak sempurna. Tapi dia layak diperjuangkan. Gue gatau nih rencana lu ke depan apa. Tapi moga-moga kita ketemu lagi. Lu dan gue, kita yang bangun Indonesia. Pake tangan kita sendiri. Kita yang memakmurkan negeri kita.

Yang bikin Indonesia jadi mandiri."