Tuesday

Weightless.


Menurut gue, Weightless adalah lagu yang paling fit sama masa kelas-tiga-SMA gue.




Lagu yang akhirnya lenyap setelah hari itu, hari dimana gue berdiri dengan 151 anak lainnya menggunakan toga merah di atas panggung legenda anak SA, the graduates stage, dengan bangga.





Makasih buat segenap organizer, panitia, bapak/ibu guru, psf, wali murid, dan semua adik-adik kelas yang udah bantuin. Makasih buat Pak Helmy Yahya yang udah mau dateng dan sharing sama kita. Makasih buat semua alumni yang nyempetin dateng! Makasih buat choir team yang sumpah, pas bawain untukku nya chrisye sama melangkah lagi nya vina panduwinata bikin nangis kejer. keren banget banget banget.



















Makasih buat Gala diner, yang cuma ngasi kesempatan 10 menit buat self make up sampe outfit dan hairdo.. yang bikin telat ga dapet bis (iya bis he -_- dan syukurlah waktu itu dapet mobilnya pak zam zam hahahah setidaknya turun red carpetnya okelah dibanding turun dari bis)



Makasih buat seminggu terakhir terkicepnya. 4 hari gak tidurnya. 2 hari gak makannya. Gosong-gosongnya. Turun 3 kilonya. Mata merahnya di graduasi apalagi gala diner. Ngakak sampe nyeseknya.

Makasih buat semua di tanggal 31. Rasanya semua sudah terangkum di twitter atau instagram dan mungkin masih belum cukup aku bilang makasih.


Kalo inget zaman baulah, dulu, masuk sebagai angkatan ketiga dan terakhir, kami berjumlah 150 orang. Bukan kebetulan kami bertemu, mungkin takdir yang memunculkan nama-nama kami di antara ribuan nama lain. Berasal dari berbagai daerah, kami adalah orang-orang asing yang belajar hidup jauh dari orang tua atas nama asrama dan beasiswa. Kebetulan aku sendirian dari SMPku waktu itu, dan banyak almamater tunggal lain yang datang dengan wajah-wajah polos penuh mimpi.

Berusaha mengalahkan homesick selama hampir tiga bulan, those strangers are now a family. Hidup 3 tahun satu atap, kemana-mana, mandi makan tidur kelonan bareng, tiap menit ketemu ini dan itu, bangun tidur ketemu lagi, sekolah ketemu lagi, kami mungkin bukannya gak homesick lagi, tapi dormsick.

Awalnya asrama SA ada di tengah kota, di UB, di samping matos, dan lihat senior angkatan satu gue, gehol-gehol-abis. Apesnya, semenjak gue dateng, asrama pindah ke bangunan (area sih) baru di daerah Tlogowaru, daerah pinggiran yang baru aja masuk kota, dikelilingi sawah, mungkin masih hidup komunitas ular, dan mau ke indomaret aja harus jalan sekitar 2 kilometer.

Look at us, kita cupu sekali. hahaha.

Percaya sama gue, tiga tahun di asrama, gue gak pernah nonton tv. Konteksnya nonton lho ya. Majalah-majalah macem Gogirl! cuma bisa gue temui di perpustakaan. Keluar asrama jauh, hingga akhirnya leebih menggiurkan jika weekend gue yang superlangka gue habiskan dengan nonton film atau tidur sepuas-puasnya. Atau nyuci baju. Atau setrika. Yah sama aja dong.

Haha begitulah.


Cerita tentang Graduasi juga bikin gue inget masa inagurasi. Waktu itu gue berdiri dengan lebih banyak anak, di atas panggung yang bukan main besarnya. Dan tiga tahu setelahnya. Yang kami lewatin di asrama, dari yang awalnya cuma ada gedung B dan A, sampe sekarang udah ada kumbung jamur, kantin dua lantai, klinik, mercusuar, lapangan basket, voli, perpustakan, lab, gedung sekolah dan taman bunga mataharinya.

Asrama yang aku tinggal seminggu lalu. Yang bikin travelku banjir pas perjalanan pulang. Yang bikin aku nyesek tiap inget tiap detilnya. Langit-langit kasurnya nanda tiap aku buka mata. Jendela kamar dengan pemandangan terajibnya. Gunung Putri Tidur di persiamannya. Langitnya.

Gak ada lagi pintu kamar Cecil tiap kali aku buka pintu kamarku. Gak ada lagi rempong di kamar mandi. Gak ada lagi dispenser di ujung koridor. Toa-toa. Gak ada lagi gedung b yang aku lewatin tiap mau makan dan sekolah. Jembatan Cinta. Mercusuar. Neysa. Diah. Nanda. Mega.

Sial, Meg, lo gimana tanpa gue di Unpad. Siapa yang nemenin gue males belajar lagi. Bangun kesiangan. Main subway surf. Mandi telat. Bikin Mie. Titip makan.

Makasih ya kemarin udah nemenin aku malam terakhir di Malang. Jalan-jalan ke matos walau belum mandi (haha serius) nemenin aku ngurus sbmptn, utul, nyelesaiin semua urusan legalisasi, and every single thing yang gak bakal selesai aku ketik sekarang.

Yang bertebaran di blog ini, di tiap folder-folder foto, lirik-lirik lagu, video-video, dan daun daun dream trees kita.

Di setiap mimpi kita.


Dan setiap doa kita.


No comments:

Post a Comment